Perkembangan Sepeda Motor Di Indonesia

Sejarah Motor Honda


Lahir pada 17 November 1906 di Komyo Jepang tengah.
Ayahnya adalah tukang reparasi alat2 pertanian.
Dan pada umur 16 tahun, Honda sudah tidak mau melanjutkan sekolah lagi.
Dia juga bukan orang yang pintar disekolahnya.
Hobinya balap dan minatnya sangat tinggi pada bidang mesin
(mobil,motor, alat pertanian)
Singkatnya, orang ini banyak kegagalanya.
Cita-citanya tinggi dan keranjingan akan penemuan-penemuan baru (riset).
Nah kalo diterusin tentang Soichiro Honda ini sangat panjang..
OK…
Kita langsung ke suksesnya tentang Motor saja ya..Dimulai tahun 1946 setelah perang dunia Ke-II, transportasi yang murah
sangat dibutuhkan. Saat itu Honda memakai mesin 50cc hasil modifikasi
dari bekas mesin-mesin perang. Tahun 1949 Honda betul2 murni membuat
Model D (Dream) dan dikembangkan menjadi Benly.

Model International yang berhasil dibuat adalah CB model.
Yaitu CB72-250cc, CB77-305cc.
Tetapi model-mode ini memakai frame yang kurang baik, yaitu press frame.
Lalu diperbarui dengan Frame yang lebih baik sehingga dapat diterima pasar
International seperti model CB 92.

CB77 Sky Hawk , model ini cukup diperhitungkan karena mampu bersaing
dengan motor-motor buatan inggris (dan modelnya pun hampir sama)

Tahun 1958 Honda membuat C100 Super Club (jenis sport).
Motor ini menjadi best selling pada saat itu karena sangat nyaman dikendarai.
Sukses dengan ini semua Honda memulai membuat motor yang lebih besar (Moge).
Pada tahun 1965, CB450 mencoba bersaing dengan motor-motor buatan Inggris.
Tapi tidak bisa karena market tetap memilih motor-motor buatan inggris.

Maka Tahun 1969, dikeluarkan CB750 dengan andalan 4 clynder-nya.
Motor ini mencapai sukses besar dan selalu habis terjual, karena motor ini
benar-benar smooth untuk dikendarai.

CB500 (tahun 1971) dan CB400 (tahun 1975), keduanya adalah penerus dari CB750,
karena CB750 sendiri kehilangan popularitasnya pada tahun 1971.
Maka penerusnya lah yang kembali sukses di pasar.

Pada Tahun 1980-an, Honda menciptakan pembaruan di dunia permotoran dengan
menciptakan Gold Wing.
Jenis ini sangat disukai di USA dan Eropa.
Motor dengan Full Fairing ini sebenarnya telah diaplikasikan pada type GL1000
Gold Wing tahun 1975 di Jepang.

1982, Honda kembali membuat gebrakan menciptakan motor mewah.
New Model Gold wing dengan nama Aspencade.
Motor ini dilengkapi dengan: Backrest (senderan boncenger), Sound system (Music)
dan sistem adjustment dengan computer dan lain lain.

Lalu pada tahun 1988, GL1500 kembali dibuat dan jenis Gold wing ini benar-benar
sangat komplit dengan assesories-nya yang dilanjutkan dengan GL 1800 yang melebihi
keunggulan GL 1500….. luar biasa….

Sebenarnya Honda memang sukses dengan model Gold Wing, tapi tidak dengan
model Sport-nya. CBX1000 tahun 1978, sama sekali tidak mencapai sukses dan
motor ini dikenal dengan nama lain CBX-B

Kesuksesan pada motor balapnya cukup spektakuler.
CB1100R , 4 clynder yang powerful dan CX500 serta CX650 yang dilengkapi
dengan Turbo.

Kemudian motor super mahalnya, Honda pun menjadi kebanggaan tersendiri
bagi penggemar Honda NR 500 beautiful design.

Tidak mau kalah dengan Harley Davidson, Honda mengeluarkan V4 Engine
400cc dan 1000cc dengan nama VF, tapi tidak sukses pada tahun 1980.
VFR 750 R adalah perbaikan dari VF pada tahun 1988.
Yang ini sempat mendapat julukan high speed touring motorcycle. cukup sukses.
Kemudian dilanjutkan jadi VFR 750L tahun 1990 dan VFR800FI pada tahun 2002,
dan tetap mendapat julukan for High speed touring.

Selain itu tahun 1987, CBR600F dan pembaruanya CBR600RR tahun 2003 juga
cukup sukses. Hasil riset dengan mesin yang powerful dan body ringan diaplikasi
pada model Fireblade CBR900RR tahun 1992 lalu CBR929RR

Sejarah Motor Suzuki


Michio Suzuki (nama orang), adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan)
untuk menenun Sutra…
Usaha ini di mulai pada tahun 1909an.Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan
yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel
pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free
(untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc).

Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan
nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu.
Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export
tidak banyak.

Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport
ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).
Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi
GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.

Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses
untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.
Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari
GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses).

Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978.
GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu.
Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor
lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan
GSX 1100 Katana di tahun 1982
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full
(kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang
sangat kompetitif.

Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya
GSX-R750 dan GSX-R 1100.
Wah.. yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model
ini benar-benar mengadobsi motor balap beneran…
tapi memang diperuntukan dijalan raya… jadi ya…. kuenceng banget larinya…..
GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini …(karena good sale),
Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik,
dan distop produksinya.

Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap
kurang mencapai kesuksesan.
Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan
memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang
sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia …
karena kecepatan mencapai 310km/jam.
Note:
Masih banyak model-model Suzuki,
tapi yang kita bahas disini adalah yang menjadi model andalan Suzuki didunia…

Sejarah Motor Yamaha


Torakusu Yamaha (nama orang) dia adalah pembuat jam dan suka akan musik…
Dia lah yang menciptakan Organ pertama di Jepang pada tahun 1887.
Menjelang Perang dunia ke 2, Torakusu Yamaha mendapat pesanan
untuk membuat propeler (baling2 pesawat tempur jepang).
Memang pada perang dunia ke 2, semua home industri dimanfaatkan
untuk memproduksi alat perang apapun.

Karena keterlibatanya ini maka pabrik Torakusu Yamaha jadi sasaran
Bom tentara AS dan sekutunya….(hancur lebur berantakan).
Setelah perang berakhir, maka Torakusu Yamaha kembali membangun
pabrik pembuat alat musik tahun 1955 dibawah bendera
NIPPON GAKKI di daerah Hamamatsu..
Memang Hamamatsu ini adalah pusat sepeda motor di Jepang,
dan entah kenapa Suzuki dan Honda pun beasal dari sini.

Atas pengetahuanya tentang permesinan pada pesawat tempur
(karena membuat propeler), maka pengetahuan ini diaplikasikan
untuk membuat sepeda motor.
Sepeda motor pertama yang dibuat YA 1 (赤蜻蛉),
huruf kanji ini artinya AKA TOMBO (Red Dragonfly) –>Capung Merah..
Sebenarnya ini nama pesawat tempur Jepang yang terkenal,
itulah sebutan Motor Yamaha pertama…
Warna motor ini dianggap aneh..
karena saat itu semua motor adalah Hitam.
Jadi hanya Yamaha yang merah.

Yamaha berhasil menancapkan bendera sebagai pembuat motor 2 tak
terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc.
Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang
terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya
dibanding motor2 dikelasnya saat itu.

Tahun 1969an, sebenarnya Yamaha mulai mencoba membuat mesin 4 langkah
(4 Tak) dengan model XS 1 650cc sangat sukses di Inggris
dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an
dan juga sukses di Amerika.

Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi
pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an.
Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler,
karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
dan exhaust system.

Trend motor sport touring pada tahun 1984 an yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. M
odel ini populer sampai tahun 1990an.

Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut,
Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik,
handling juga sip, lalu power luar biasa….
Kalo mau style pilihlah kedua model ini ….
begitulah diibaratkan saat itu.

Dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini
adalah versi Road bike.
Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>